Perijinan Toko Online?

Apakah toko online harus mendapatkan ijin? Hmmm … Dalam dunia nyata apakah kita perlu mendapatkan ijin jika kita membuat sebuah tempat untuk berdagang? Mungkin iya jika kita membuat pasar ya? Kemana ijinnya? Apakah ke Kementrian Perdagangan?

Kita lihat pro dan kontranya tentang ijin toko online ini ya.

Kontra

  • Menghambat inovasi. Ada banyak UKM dan start-up yang mencoba mengembangkan toko online. Upaya ini belum tentu berhasil. Jika pada tahap awal sudah harus memiliki ijin ini dan itu, akan mengecilkan hati para inovator ini.
  • Ijin kemana? Berapa? (Ini sebetulnya terkait dengan sebelumnya.) Hal-hal yang terkait dengan teknologi informasi biasanya terkait dengan Kominfo, tetapi untuk perdagangan biasanya terkait dengan Kemendag.
  • Ini akan menyebabkan ekonomi berbiaya tinggi.
  • Bagaimana jika toko online ini dibuat di luar negeri? Jika aturan ini diterapkan, maka akan banyak start-up yang membuka usahanya di luar negeri meskipun pasarnya di dalam negeri. (Alibaba.com misalnya.) Ini justru akan merugikan Indonesia. Pengawasan juga akan makin sulit. Mungkin lebih baik bukan meminta ijin akan tetapi mendaftarkan (agar terpantau dulu)?

Pro

  • Untuk memastikan bahwa pelaku perdagangan memang benar-benar serius dalam melakukan pekerjaannya.
  • Untuk mengurangi potensi terjadinya penipuan (fraud) yang banyak terjadi secara online. Bahkan Indonesia dianggap sebagai tempat yang banyak melakukan transaksi palsu. Stereotype ini yang harus kita perangi. (Atau memang ini sungguhan?)

Bagaimana pendapat Anda?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

17 responses to “Perijinan Toko Online?

  • Ferry Haris (@FeHa)

    Bagaimana jika perijinan yang dimaksud adalah untuk memberikan kredibilitas dan meningkatkan trust terhadap penjual, tanpa perlu ada kesan “pemaksaan”? Tempatkan semacam “badge” bahwa si penjual yang terdaftar resmi di institusi yang ditunjuk sudah melalui proses verifikasi yang ketat dan “bisa dipercaya”.

    Mudah2an dengan pendekatan ini kita tidak mematikan benih usaha pelaku bisnis e-commerce di awal perintisannya, tetapi gradually membantu bisnis mereka berkembang dengan membantu meningkatkan trust pembeli akan jasa layanan yang diberikan.

  • ratusabunherbal

    Lebih ke kontra kalo saya om. Media online sekarang ini salah satu cara yang paling murah untuk promosi. Ya..benar, MURAH. Kalo harus ijin dll, bisa jadi nggak murah lagi.

    Saya sependapat dengan om @FeHa, perlu ada semacam institusi yang menilai sebuah online shop

  • Chen Ron

    Kalau online shop skala besar sebaiknya memang menggunakan izin, tapi bagi mereka baru mencoba usaha skala kecil sebaiknya tidak perlu izin, ibarat jual kue basah keliling🙂

  • Aldi Rahman Untoro

    izin untuk membuka toko online, menurut saya bagus, tapi kasihan untuk usaha kecil, direpotkan karena harus meminta izin terlebih dahulu

  • syukurpatel

    Benar Pak, dng belanja on line via toko on line sdh mjd media masa kini, sbg appl TI, hal itu ada payung hukum UU ITU/ International Technology Union, di negara kita dr Depkominfo, Happy Weekend bersama keluarga Pak, nuhun.

  • Setapak Langkah

    Silakan pemerintah membuat regulasi demi keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi jual-beli online. Hanyasaja, ya jangan digunakan untuk ‘mencari nafkah’ oleh negara sendiri. Gratiskan saja perijinannya—tanpa mengurangi kredibilitas atas penerapan regulasi tersebut.

    Begitu pak _/|\_ tidak semua dapat diuangkan oleh negara.

  • Ahmad Khoiri

    Sependapat dengan Chen Ron kalau saya. Jika cuma kecil-kecilan, tidak harus izin. Namun jika yang akan dibuat itu dalam skala besar, alangkah baiknya harus ada izin.

  • Kereta Perang

    Kalo ijin yang si buat gak jlimet dan gak memakan waktu lama saya kira sih bagus. Penipuan akan semakin berkurang.

  • iscab.saptocondro

    Kalau di Jerman, harus daftar untuk mendapat surat ijin usaha (Gewerbeschein).
    http://de.wikipedia.org/wiki/Gewerbeanmeldung
    Jadi tiap website, ada Impressum, Contact, atau “About us”, yang mencantumkan nomor ijin usaha.

    Kalau di Indonesia, beberapa kota atau kabupaten juga bisa mengeluarkan surat ijin usaha dengan cepat, contoh 2 minggu.
    Tapi tergantung kota atau kabupatennya, sih.

  • narda

    Saya pelaku toko online, boleh saja menggunakan ijin tapi perbedaannya apa dengan yg ijin sama yg tidak, kalau hasilnya sama ya percuma saja,..

  • cara mengobati rematik

    memang harus berijin ya kita pakai internet bayar di negara lain internet sekarang sudah tidak berbayar lagi

  • masbadar

    Peluang birokrat atau perlindungan konsumen? Buat pelaku usaha online? Beberapa website saya menggunakan co.id yg notabene pendaftaran domainnya menggunakan SIUP, kurang cukupkah? Masih banyak calon kostumer yg belum tahu bedanya dot com dan dot co dot aidi, tugas siapa mengedukasi? Ribuan referensi online dan pengetahuan secara gratis telah mengedukasi banyak pelaku dan konsumen (blog rahard, apalagi!) adakah nanti apresiasi resmi yg berbanding lurus dengan perijinan resmi?

  • iscab.saptocondro

    SIUP itu surat izin. Jadinya toko online sudah berizin resmi, kalau sudah ada SIUP-nya.
    Wordpress itu izin usahanya di Amerika Serikat. Tulisan rahard di wordpress itu milik wordpress.

  • Emanuel Setio Dewo

    Selain perijinan, ada masalah juga di perpajakan. Beberapa toko online yang berangkat dari toko offline biasanya terkena pajak beli & jual. Sedangkan toko online dari pengusaha individu kayaknya banyak yg tdk terkena pajak.

  • Helen

    Saya sendiri baru memulai bisnis kecil di online. Kalau hanya untuk mendaftarkan saja saya setuju, namun bila perlu waktu lama dan biaya lagi, saya kurang setuju. Sebenanrnya, bisnis online itu sendiri punya seleksi alam sendiri. Predikat trusted akan didapat otomatis jika pelaku bisnis jujur. Jika predikat trusted bisa dibeli malah bahaya nantinya.
    Oh iya, ini alamat bisnis onlineku jika ada yang tertarik untuk mampir. http://www.miraclewallsticker.com

  • jasa website

    lah saya baru mau buka…masa banyak ijin2 an

  • GadgetKlopedia.com (@GadgetKlopedia)

    lah saya baru bikin onlineshop om..baru mau dibuat pajak ecommerce, tambah ijin pula..ya ampun😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: