Masalah Kejahatan Internet di Indonesia

Minggu ini saya diminta untuk memberikan presentasi mengenai “recent internet crimes in Indonesia”. Nah sekarang saya sedang mengumpulkan materi (poin-poin) untuk pembahasan itu. Isinya kira-kira:

  1. Internet threats in Indonesia;
  2. Case studies of internet crimes in Indonesia;
  3. Internet and terrorism in Indonesia.

Untuk poin pertama, saya akan mengambil data dari ID-CERT. Isinya terkait dengan statistik serangan dari / ke Indonesia. Kayaknya masih ada tuduhan bahwa Indonesia termasuk negara yang paling banyak menyerang Akamai. (Membutuhkan link2 dan data / statistik untuk ini.)

Untuk yang kedua, enaknya contoh kasus yang diangkat apa ya? Apakah kasus pembobolan internet banking yang baru-baru ini terjadi? Apa lagi ya yang menarik untuk diangkat?

Nah untuk poin ketiga, tentang terrorism, saya masih mikir. Kalau kasus dengan ISIS dan internet di Indonesia ada gak ya? Kalau keributan soal pemilihan presiden, anti aliran tertentu, penajaman perbedaan (agama, aliran, dll.) yang bertujuan untuk menghancurkan Indonesia dan sejenisnya apa mau dimasukkan ke sini saja? Kemudian ini dikaitkan dengan inisiatif pemerintah untuk memblokir situs-situs tertentu. Begitu?

Ini jadi semacam crowdsourcing gini … hi hi hi.

Iklan

20 pemikiran pada “Masalah Kejahatan Internet di Indonesia

  1. presentasi di mana pak? internet banking lebih “menguntungkan” pak untuk kedepannya πŸ˜€ Kalo soal ribut-ribut pilpress bisa merujuk ke kaskus pak, banyak sumber dari panastak dan panasbung di sana, kalo sekte agama kayaknya udah ada MUI deh.. yg terakhir mungkin recruitmentnya pak yg via net

  2. Mas Prof, mungkin akan tambah menarik apabila bicara supply demand nya. dj bea cukai pernah kerepotan akan impor barang “security” itu dan dijual “bebas” di negeri ini, belum lagi iklan “hire me” yg dipake “pendekar senayan”. Jasa ITsec assmnt marak yg didukung perusahaan terkenal, utk ngumpuli data dan dijual sesuai demand. Berani angkat ini? Semoga Tuhan melindungi Mas Prof.

  3. 1. Contoh serangan dari Indonesia, http://morris.guru/huthos-the-totally-100-legit-vps-provider/
    Penulis blog kontak CERT Indonesia loh, Pak. Apakah sudah dikontak? πŸ™‚
    2. Pembobolan Internet banking di Indonesia paling seputar phishing. Mungkin yang jadi trending topic sekarang adalah prostitusi di Internet. Hehe. Menurut regulasi Indonesia seharusnya ini adalah kriminal bukan?
    3. Internet and terrorism butuh kearifan manusia dalam mencerna informasi. Perlu sesuatu yang lebih dari sekedar “internet”. Blokir situs bukan solusi, bagaimana kalau “prospek” tersebut di-approach melalui skype atau internet messaging?

  4. Email ke Akamai yang dulu (disampaikan di masyarakat madani internet) sudah dibalas, Pak?

    Yang kedua setuju pembobolan bank

    Apakah slidenya nanti diupload, Pak? (Kaboor sebelum diomelin, hehe)

  5. Harus diteliti lagi apakah serangan dari Indonesia itu, yang melakukan orang Indonesia?

    Atau komputer-komputer di Indonesia cuma jadi zombie proxy aja?

    Kalau cuma jadi proxy serangan, perlu diteliti lagi awareness orang Indonesia tentang masalah keamanan komputernya sendiri.

  6. Presentasi di mana pak? saya boleh ikutan ?

    Sebagai bangsa kita harus berfikiran bahwa banyak negara yang berkepentingan dengan Indonesia, banyak negara yg tidak ingin Indonesia menjadi kuat dan besar…!!!

    Saya setuju dengan Pak Budi agar kita selalu waspada πŸ™‚

  7. kemarin waktu saya ikut seminar cisco disebut indonesia negara no 1 (40%) trafik cyber crime tetinggi — trafiknya. No 2nya China.

  8. Kejahatan di internet itu memang sangat luas. Bahkan copas hasil karya orang lain tanpa menyertakan sumber juga termasuk kejahatan internet… miris dengan negara kita…

  9. Kalau prostitusi online termasuk kejahatan bukan ya pak, jauh sebelum kasus dedeuh saya sudah merasa ada yg salah dengan maraknya akun-akun prostitusi di twitter

  10. benar tuh, sekarang banyak situs agama yang di blokir oleh pemerintah. dan saya tidak sependapat dengan apa yang dilakukan pemerintah indonesia

  11. Setahu saya sih banyak kejahatan internet itu, membobol instansi maupun akun personal.
    Tapi yang pernah kenalan saya kena itu penipuan karena akun personal yang dibajak.
    So, tindakan penangannya yang sampai saat ini saya belum begitu melihat. Sudah atau belum sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s