Category Archives: iseng

Puasa dan Berat Badan

Ini pertanyaan yang berulang. Mari kita tanyakan lagi. Di bulan puasa ini, berat badan Anda apakah

  1. turun;
  2. tetap;
  3. tambah?

Dahulu saya selalu berasumsi bahwa berat badan kita pastinya akan turun. Logikanya kan kita puasa. Biasanya makan banyak dan sering, sekarang dikurangi. Jadi seharusnya berat badan kita turun.

Kenyataannya, saya pribadi biasanya menemui kondisi nomor 2 yaitu berat badan tidak berubah. Saya tidak tahu alasan sesungguhnya, tetapi dalam karangan saya ini terjadi karena badan menyesuaikan dengan pola makan kita. Boleh jadi kita mengurangi jumlah yang kita makan di bulan puasa, tetapi aktivitas kita juga berkurang. Walhasil, ya berat badan tetap saja.

Saya pernah mengalami penambahan berat badan di bulan puasa. Gak puasa kali ya? Puasa! Demi Allah. (he he he. Mesti pakai sumpah segala.) Heran juga kenapa kok bisa nambah. Mungkin karena sadar puasa maka ada ketakutan kurang gizi jadi makan tambah banyak? Rasanya tidak juga. Alasan yang memungkinkan adalah pada bulan lain jam makan saya tidak teratur. Karena merasa bisa makan kapan saja, maka jadwal makan saya kacau balau. Ada yang makan siangnya telat (karena kesibukan) sehingga berakibat makan malam yang lebih telat sehingga badan bingung. Belum lagi apa yang dimakan gak karu-karuan. Maklum merasa bahwa pola makan bisa diperbaiki kapan saja meskipun tidak dilaksanakan juga. Bulan puasa menuntut saya lebih tertib dalam jam makan dan apa yang dimakan. Hasilnya, berat badan malah naik. Nah.

Kalau Anda bagaimana?


Kapan Sikat Gigi (Ketika Puasa)?

Ini pertanyaan iseng saja. Kapan Anda sikat gigi? Khususnya di bulan puasa ini. Apakah?

  1. sebelum imsak/subuh, setelah sahur;
  2. sambil mandi sebelum berangkat ke kantor / kerja / sekolah;
  3. apa? sikat gigi? gak perlulah …

silahken …


Siapa Kamu?

kanye mccartneyBeberapa waktu yang lalu ada yang menampilkan twitter yang lucu seperti (di samping) ini. Saya ketawa ngakak. Lucu banget! Bagi saya, penggemar musik yang tidak tahu Paul McCartney itu siapa menandakan bahwa pengetahuannya sangat terbatas. (Mau bilang “bodoh” kok agak gimana gitu. he he he.)

Apa yang terjadi dengan ini? Nampaknya generasi muda – asumsi saya yang menuliskan twit tersebut adalah generasi muda – tidak mau belajar dan sok tahu. Cobalah usaha sedikit saja. Silahkan cari tahulah siapa itu Paul McCartney. Boleh jadi Anda tidak suka dengan dia, tetapi tahu lah.

Kejadian seperti ini banyak terjadi. Ini ada beberapa cerita yang saya tahu.

Pada suatu saat, ada sebuah acara musik yang akan di-streaming-kan via internet. Saya minta bantuan kawan saya yang punya ISP (internet service provider) untuk itu. Kebetulan kawan saya ini adalah bos (founder) dari ISP tersebut. Maka pada hari H-nya saya melakukan setup dan melihat-lihat persiapannya. Ada meja admin yang memantau dan mengendalikan streaming tersebut. Kawan saya datang dan melihat-lihat juga. Dia tanya-tanya ke operator yang ada di situ. Si operator jawab-jawab. Kawan saya juga nanya lagi. Kayaknya si operator mungkin bingung, siapa sih ini orang yang nanya-nanya … maka dia nanya, “bapak siapa?”. Wk wk wk. Maka kawan saya sontak ngeloyor. Wk wk wk. Pegawainya sendiri gak tahu itu bosnya. Wk wk wk. Saya ngakak dengernya. Ya ampuuun. Mas, mosok gak tahu itu bosnya???

Beberapa waktu yang lalu juga saya mendapat pertanyaan (atau pernyataan?) … “bapak sudah pernah pakai linux?” (ini dalam kaitan tentang membuat sistem operasi baru dan saya mempertanyakan untuk apa buat sistem operasi baru, memangnya kalian bisa?). Saya gak tahu mau jawab apa. Wk wk wk. Eh, saya jadi ragu juga. Jangan-jangan memang saya belum pernah pakai linux. Hadoh.

Ada video tentang John Petrucci main gitar dan anaknya nanyi (lagu Frozen). Ada komentar lawakan, “penyanyinya bagus, tapi yang main gitar kayaknya harus banyak belajar lagi meskipun punya potensi”. Glodak … pengsan saya.


Menghindari Kepopuleran

Kalau orang buat perusahaan, produk, atau layanan biasanya dicari nama yang mudah dikenal. Semakin populer, semakin bagus. Kalau dicari (search) di internet, harus mudah dan harus muncul di bagian teratas. Itulah sebabnya ada kerjaan SEO (Search Engine Optimization).

Nah, sekarang saya mau cari yang sebaliknya. Misalnya, saya buat band, saya akan cari nama yang sulit dicari. Maksudnya sulit dicari adalah hasil search-nya tidak muncul seperti yang diharapkan. Sebagai contoh, kalau nama bandnya adalah “A” nanti kalau dicari di Google pakai kunci apa ya? Coba cek Google dengan kunci “A”. Apa hasilnya? hi hi hi. Macam-macam kan? Kalau namanya unik, malah dia akan mudah ditemukan. Ini justru cari yang tidak unik.

Pokoknya cari kata yang kalau dicari di google malah menghasilkan data banyak tetapi tidak terkait. hi hi hi. Apa ya?


Ini Handphone Siapa?

[iseng mode = ON]

Ini handphone siapa sih?

IMG_6381


Salah Doa

Sebaiknya sebelum memulai sebuah pekerjaan, berdoa dulu. Maka, sebelum berangkat kerja atau ke sekolah, berdoa dulu. Mari …

ALLOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA ROZAQTANAA …

weeiiittsss … tunggu bentar. Salah! Itu salah doa euy … he he he


Kreatif

Saya ditunjukkan sebuah video yang lucu di Youtube. Ini coba dilihat di sini:
http://www.youtube.com/watch?v=7Lgki-fgPN0

Ini video tentang guru yang mengajari antonim ke murid-muridnya dalam bahasa Jawa (Cilacap). He he he. Lumayan lucu. Menghibur. Ada lagi yang seperti ini?

Nah, sebetulnya kita ini bisa buat materi (content) yang bagus-bagus seperti ini. Yang ini lucu, tetapi yang lain mungkin serius. Kalau dikumpulkan dalam sebuah direktori mungkin akan menarik ya.


Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 2.404 pengikut lainnya.